Rabu, 26 Desember 2018

pentingnya memiliki tujuan yang jelas

hidup ini perjalanan yang panjang namun singkat menuju kematian. hidup di dunia selalu berisi tantangan, ujian, dan kesiap siagaan dalam menghadapi perubahan yang terjadi. bergantinya zaman berganti pula tampilan wajah kehidupan, arus kehidupan dunia yang kadang sulit diprediksi membawa dampak pada perubahan sikap, pembentukan mental, dan pembawaan karakter untuk menyesuaikan dengan kehidupan dunia yang sejatinya adalah kehidupan yang tak perlu dipersoalkan selama kita memahami batasan apa yang ingin kita capai, tujuan-tujuan yang jelas, dan target yang memberikan impact positif dan perbaikan jangka panjang terutama pada kehidupan akhirat.

seringkali dalam kehidupan ini berisi beragam penawaran, pilihan-pilihan, dan godaan yang bisa saja secara tiba-tiba mengambil hati untuk diberi perhatian. wahai saudara-ku, hendaknya engkau memikirkan dahulu segala rencana-rencana mu, meski itu rencana kecil, terutama yang berkaitan dengan urusan dunia. sebab ada banyak orang yang memiliki tujuan mulia, namun ketika ia hendak keluar rumahnya, setan sudah menunggu lebih dulu di pintu rumah untuk mengikat leher manusia dan mengacau kan tujuan utamanya. keinginan-keinginan manusia yang tidak habisnya ditambah tampilan kehidupan dunia yang mengundang selera nafsu syahwat begitu muda memalingkan pandagan seorang manusia dari meliha akhirat.

mohonlah kepada Allah SWT dalam setiap waktu, dan teruslah ingat Allah SWT dalam segala keadaan karena bisikan dunia tak henti-hentinya mengundang hati untuk menjatuhkan dirinya pada kenikmatan yang berujung pada penyesalan. setiap manusia tentunya menginginkan beragam kebutuhan untuk kesejahteraan dirinya, bila itu baik maka ambilah, bila manusia mengambil sesuatu dengan tujuan hanya untuk bersenang-senang, menemani waktu istirahat, seringkali hal itu akan menjadi perubahan pada sikap hati yang senang mengambil sikap berleha-leha, mengutamakan sikap istirahat, dan selalu merindukan waktu luang.

begitupun kita lihat saat orang-orang membelanjakan hartanya, pertimbangannya adalah karena itu terlihat menawan bagi dirinya, dapat menaikan derajat pemakainya, tanpa mempertimbangkan pemakaian dan pemanfaatan yang berjangka panjang. cukuplah kita memandang segala aktivitas didunia ini untuk memenuhi tuntutan agama, menyempurnakan kewajiban ibadah kepada Allah SWT, merealisakan gerak hati pada kebaikan-kebaikan, dan menolak segala tawaran-tawaran yang mengatasnamakan kebaikan dunia bila kita tahu hal itu hanya buang-buang waktu. karena memiliki tujuan yang jelas merupakan sikap bersyukur atas segala waktu dan keadaan yang sudah Allah swt berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar